4 Kegunaan Daun Kenikir, Sayuran yang Sering Disantap Menjadi Lalapan

Ada beberapa type sayuran, tetapi tahukah Anda tentang daun kenikir? Tumbuhan yang miliki nama lainnya ulam raja ini mungkin memang tidak setenar bayam, kangkung, atau sawi. Akan tetapi, beberapa orang yang belumlah tahu jika nyatanya ada segudang faedah daun kenikir buat kesehatan badan, lho. Ingin tahu untuk mencari tahu lebih jauh sekitar sayuran ini? Baca selalu penjelasan ini, ya!

Apa kandungan nutrisi dalam daun kenikir?


Kenikir atau yang bernama latin Cosmos caudatus ialah satu tanaman dengan bentuk daun membujur yang mempunyai tangkai cukuplah panjang. Tanaman ini masuk ke keluarga Asteraceae. C. caudatus yang awalannya datang dari sisi Amerika Latin, sampai akhirnya badan serta berkembang di Asia Tenggara.

Tanaman kenikir atau ulam raja mempunyai tinggi yang dapat sampai 3 mtr., dengan bunga berwarna merah muda atau ungu. Daun adalah salah satunya sisi dari tanaman ini yang umumnya diambil serta di proses menjadi makanan.

4 Kegunaan Daun Kenikir


Biasanya, sayuran ini seringkali jadikan makanan langsung bersama dengan lalapan serta sambal alias dikonsumsi mentah. Namun, sebagian orang pun menyenanginya saat di rebus untuk dikonsumsi menjadi sandingan sayuran lainnya dalam urap serta pecel. Tidak ingin kalah dengan type sayuran yang lain, daun kenikir akan memberi beberapa nutrisi baik buat badan Anda seandainya sukses dibikin bersih serta di proses dengan pas.

Perihal ini dibuktikan jika per 100 gr (gr) daun kenikir bisa memberi zat gizi seperti daya 45 kalori (kal), protein 3,7 gr, karbohidrat 6,6 gr, serta serat 5,8 gr. Menariknya kembali, type sayuran yang satu ini pula diperlengkapi dengan beberapa mineral serta vitamin. Dari mulai 328 miligram (mg) kalsium, 65 mg fosfor, 2,7 mg besi, 6 mg natrium, 431 mg kalium, serta 0,6 mg seng.

Beberapa vitamin yang ikut terdapat dalam sayuran ini yaitu 12 mikrogram (mcg) karoten, 0,5 mg vitamin B1 (thiamin), 0,3 mg vitamin B2 (riboflavin), dan 4,5 mg niasin. Tidak berhenti sampai disana saja, ulam raja pun mempunyai banyak kandungan anti-oksidan di dalamnya yang makin memperkaya nutrisinya.

Beberapa faedah daun kenikir buat kesehatan


Sesudah tahu segudang kandungan zat gizi dalam sayuran yang satu ini, mungkin Anda masih tetap bertanya-tanya manfaat apalagi yang dipunyai ulam raja hingga membuat pantas jadikan selingan menu makan harian keluarga. Nah, tersebut beberapa faedah daun kenikir untuk menolong mendukung kesehatan badan.

  • Kaya anti-oksidan

Anti-oksidan ialah senyawa unik yang bekerja untuk mencegah dampak jelek dari serangan radikal bebas yang masuk ke pada tubuh. Bila tidak selekasnya di stop, radikal bebas ini bisa berkembang jadi beberapa penyakit akut yang merugikan kesehatan.

Sebetulnya, badan manusia mempunyai potensi alami untuk membuahkan anti-oksidan sendiri. Sayangnya, jumlahnya yang di produksi badan terkadang kurang banyak untuk penuhi keperluan maksimal, hingga diperlukan konsumsi anti-oksidan di luar.

Buah serta sayur-sayuran adalah penyumbang anti-oksidan terunggul yang gampang didapat, diantaranya termasuk juga daun kenikir. Menurut hasil riset yang dimuat dalam Global Journal of Pharmacology, dari seputar 37 type sayuran mentah yang diujicobakan, daun kenikir atau ulam raja nyatanya memiliki kandungan type anti-oksidan flavonoid yang tinggi.

Beberapa periset yakini jika type anti-oksidan yang terdapat dalam sayuran ini berefek positif untuk menahan masalah pencernaan. Diluar itu, daun ulam raja ikut diperlengkapi dengan senyawa fenol (semacam flavonoid) yang punya potensi bermanfaat menjadi bahan basic obat-obatan.

  • Menahan penyakit hipertensi

Daun ulam raja dijagokan mempunyai dampak antihipertensi, hingga baik untuk dikonsumsi oleh Anda yang beresiko terserang ataupun ingin menahan hipertensi. Dapat dibuktikan jika ekstrak daun ulam raja bisa menghalangi penambahan frekwensi detak jantung pada hewan coba, menurut riset Journal of Research in Medical Sciences.

Bila dibanding, hasil riset itu sama dengan dampak yang diakibatkan dari obat antihipertensi. Di lain sisi, ada perihal menarik kembali yang makin menguatkan faedah daun kenikir untuk menahan hipertensi. Sayuran ini nyatanya dapat menolong turunkan desakan darah karena dampak diuretik yang dimilikinya.

  • Turunkan resiko penyakit diabetes

Masih juga dalam riset dengan jurnal yang sama, memperoleh faedah daun kenikir yang lain yang mempunyai dampak antidiabetes. Hasil itu didapatkan sesudah beberapa periset temukan terdapatnya penurunan gula darah yang cukuplah berarti, pada hewan coba dengan berat obesitas yang awal mulanya sudah dikasih ekstrak daun ulam raja.

Ini karena daun ulam raja mempunyai enzim yang dapat menghalangi penyerapan glukosa di skema pencernaan. Lebih dari itu, daun ulam raja ini pula punya potensi mengurus keadaan hiperglikemia atau kandungan gula darah sangat tinggi di pada tubuh.

  • Menahan osteoporosis

Osteoporosis adalah penyakit yang rawan berlangsung di lanjut usia. Dalam perihal ini, faedah daun kenikir diakui bisa menolong menahan osteoporosis pada wanita yang telah alami menopause karena kekuatannya dalam membuat perlindungan manfaat serta keadaan tulang.

Saat seputar 8 minggu, sekumpulan hewan coba yang mempunyai pergantian formasi tulang mirip pengeroposan tulang pada wanita menopause, sudah dikasihkan ekstrak daun ulam raja. Akhirnya, didapat rangkuman jika volume serta formasi tulang hewan coba itu pada umumnya bisa lebih baik dengan setahap.

Selain itu, faedah daun kenikir pun diketemukan bisa tingkatkan jumlahnya mineral, volume osteoid, dan osteoblas di tulang. Tingkatkan tiga formasi tulang ini bisa merangsang pembentukan serta perbaikan keadaan tulang pada tubuh.

Lepas dari bagaimana juga proses pengolahannya, yakinkan selalu untuk membersihkan bersih daun kenikir terlebih dulu sebelum memasak atau mengkonsumsinya mentah, ya!