Daftar Obat yang Dampak Sebelahnya Mengakibatkan Masalah Mata

Tiap-tiap obat mempunyai resikonya yang bermacam. Diantaranya masalah mata, seperti mata merah, berasa kering, berair, atau bahkan juga membuat pandangan Anda kabur. Kurang lebih obat apa yang mengakibatkan resikonya seperti demikian? Haruskah bicarakan dengan dokter bila hal itu berlangsung? Yuk, cari info jawabannya di bawah ini.

Obat yang Efek Sampingnya Menyebabkan Gangguan Mata


Rincian obat yang mengakibatkan masalah mata


“Obat-obatan yang berlainan bisa mengakibatkan permasalahan pada mata”, papar Laurier Barber, MD, jubir American Academy of Ophthalmology, seperti diambil dari WebMD. Dampaknya samping yang sangat mudah ialah mata kering. Sesaat resikonya yang lebih serius ialah kebutaan. Karena itu, Anda butuh tahu obat apa yang membuat ketidaknyamanan pada mata, misalnya :

  • Obat yang dampaknya mengakibatkan mata kering

Beberapa obat bisa menghalangi produksi air mata. Walau sebenarnya air mata akan tetap dikeluarkan saat Anda berkedip agar mata masih bersih. Kekurangan air mata, membuat mata kering, berasa panas terbakar, serta perih. Obat-obatan yang mengakibatkan masalah mata itu, diantaranya :

  1. Obat diuretik
  2. Antihistamin
  3. Antidepresan
  4. Obat penurun cholesterol
  5. Pil KB
  6. Beta-bloker


  • Obat yang dampaknya mengakibatkan fotofobia

Fotofobia ialah arti medis untuk mata yang begitu peka dengan sinar. Orang dengan keadaan ini, tidak bisa lihat dengan baik saat ada di ruang yang cahayanya jelas. Beberapa obat yang mengakibatkan masalah mata ini, diantaranya :

  1. Antibiotik
  2. Obat untuk jerawat
  3. Obat diuretik yang diresepkan untuk pasien hipertensi
  4. Obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID)


  • Obat yang mengakibatkan desakan tinggi di mata

Desakan tinggi pada mata bisa mengakibatkan kerusakan saraf serta mengakibatkan masalah mata, seperti glaukoma. Tiada perawatan, kebutaan dapat berlangsung. Ada banyak obat yang menyebabkan pergantian susunan mata serta sangat mungkin terjadinya penimbunan cairan di mata hingga mengakibatkan glaukoma, misalnya :

  1. Obat kortiskosteroid
  2. Antidepresan
  3. Obat untuk penyakit Parkinson
  4. Obat asma, aritmia, wasir, serta kejang

Apakah yang perlu Anda kerjakan bila keadaan itu berlangsung?


Bila mata Anda berasalah sesudah minum obat, tanyakan pada dokter. Janganlah membiarkan dampaknya membuat kesehatan mata Anda lebih buruk. Akan tetapi, janganlah akan memutuskan sendiri hentikan penyembuhan tiada izin dari dokter.

Tetap bicarakan dengan dokter masalah mata, seperti glaukoma yang Anda punya saat dokter akan memberi resep obat baru. Termasuk juga keadaan yang lain, seperti diabetes. Dengan demikian, dokter akan memertimbangkan obat yang lebih aman pada kesehatan mata serta badan Anda.